Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anggota TNI Masih Jaga Rumah Korban

Kompas.com - 31/10/2010, 08:12 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Anggota TNI masih melakukan penjagaan rumah penduduk korban letusan Gunung Merapi, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, yang kosong ditinggal mengungsi untuk mengantisipasi tindakan penjarahan.

Tentara Nasional Indonesia melakukan penjagaan rumah-rumah penduduk yang ditinggal pengungsi dengan dibantu kalangan warga.

Mereka menjaga di setiap pos yang akan masuk ke kawasan perkampungan yang ditinggal penghuninya untuk mengungsi.

Penjagaan dilakukan mulai dari Posko Umbulharjo hingga Dusun Pelemsari yang merupakan kawasan terlarang ditinggali penduduk, menyusul letusan gunung yang terletak di perbatasan wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Rumah penduduk hingga kini aman dari tindakan penjarahan harta dan benda. Kami dan warga setiap malam patroli untuk menjaga rumah agar tidak ada aksi penjarahan," kata salah seorang anggota TNI yang tengah melakukan penjagaan di Posko Umbulharjo, Minggu (31/10/2010).

Penjagaan memang tidak dilakukan di rumah-rumah penduduk yang menjadi korban letusan Gunung Merapi, namun dilakukan di semua posko dengan meminta identitas dan keterangan setiap orang yang berlalu lalang.

Sekitar 3.600 pengungsi yang menempati barak Desa Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan Kabupaten Sleman dipindahkan ke barak pengungsian di Desa Wukisari yang dinilai lebih aman, kata koordinator barak Wukirsari Hamid.

"Pemindahan warga pengungsi ini karena kondisi barak Umbulharjo tidak memungkinkan dan berbahaya terkena awan panas sebab jaraknya hanya sekitar tujuh kilometer dari puncak Gunung Merapi, padahal kawasan yang aman adalah 10 kilometer," kata Koordinator Barak Pengungsian Wukirsari Hamid.

Menurut dia, lokasi barak pengungsian di Umbulharjo setelah letusan Gunung Merapi Jumat dini hari tidak aman dan dikhawatirkan awan panas masih akan mencapai lokasi barak.

"Atas pertimbangan itu, semua warga langsung pindah mengungsi ke barak Wukirsari. Sebelumnya jumlah pengungsi di Umbulharjo hanya 2.000 orang, tapi karena tadi malam Gunung Merapi meletus akhirnya semua warga Umbulharjo mengungsi semua mulai Kawasan Rawan Bencana (KRB) I hingga III," katanya.

Ia mengatakan, sebelumnya barak pengungsian Wukirsari hanya diisi sekitar 300 pengungsi saja, namun sejak Sabtu dinihari semua pengungsi di barak pengungsian Umbulharjo pindah semua ke Barak Pengungsian Wukirsari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Video Pilihan Video Lainnya >

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com