Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bantuan ke Mentawai Disebar Lewat Udara

Kompas.com - 29/10/2010, 13:53 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com — Bantuan yang dikirimkan ke daerah bencana tsunami di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, ternyata sulit didistribusikan karena kondisi wilayah yang sulit dijangkau. Oleh sebab itu, TNI terpaksa menyebar bantuan melalui udara.

Hal itu diungkapkan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI George Toisutta seusai memimpin serah terima jabatan Pangdam III/Siliwangi di Stadion Siliwangi, Jumat (29/10/2010). Kasad mengungkapkan, pihaknya merasa kesulitan menembus area bencana di Mentawai karena daerah tersebut rusak parah diterjang tsunami.

"Kami mengalami kesulitan saat menyalurkan bantuan. Oleh karena itu, bantuan disebar melalui udara," katanya. Saat ini, sebanyak 1.500 anggota TNI dari Kostrad sudah dikirim ke Mentawai. Sementara itu, 2.000 anggota disebar ke lokasi bencana Merapi.

Menurut George, pihaknya masih terus menyalurkan bantuan makanan dan obat-obatan. Begitu juga dapur umum dan tenda darurat, fasilitas-fasilitas ini sudah didirikan di dua lokasi bencana itu. "Namun, yang paling penting adalah bantuan untuk kesehatan," katanya. (Tribun Jabar/Kemal Setia Permana)

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Video Pilihan Video Lainnya >

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com