Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Lereng Siap Jika Merapi Erupsi

Kompas.com - 21/10/2010, 21:10 WIB

KLATEN, KOMPAS.com - Warga Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, yang tinggal di kawasan rawan bencana di lereng Gunung Merapi sudah siap jika sewaktu-waktu terjadi erupsi di gunung yang kini berstatus waspada itu.

"Kesiapan warga lereng Merapi dalam menghadapi erupsi diukur dari lancarnya simulasi bencana yang dikoordinasi Palang Merah Indonesia (PMI) pada Kamis (21/10)," kata Sekretaris PMI Klaten, Rantiman, di Klaten, Kamis (21/10/2010).

Rantiman menjelaskan simulasi bencana tersebut diisi dengan cara evakuasi yang cepat dan tepat bagi para warga lereng termasuk keutamaan penyelamatan terhadap warga kelompok rentan yakni anak dan balita, ibu hamil, dan lanjut usia.

"Simulasi dibuat seperti kejadian bencana sesungguhnya dengan penggambaran adanya warga yang sakit maupun meninggal dunia," katanya.

Cara evakuasi tersebut, diawali dengan pemahaman tentang tanda-tanda sebelum erupsi Merapi yang membahayakan warga.

"Warga juga telah mengetahui alur pelaporan keadaan bahaya dari perangkat desa, masyarakat terlatih, hingga koordinasinya dengan unit pelaksana dan dinas terkait dalam keadaan darurat," kata Rantiman.

Pemahaman terhadap cara evakuasi yang tepat tersebut, menurut dia, telah disosialisasikan pada warga sejak dua tahun yang lalu.

Simulasi diikuti personel Palang Merah Internasional Denmark, Organisasi Radio Amatir Republik Indonesia, Dinas Kesehatan, Kepolisian Sektor Kemalang, dan Komando Distrik Militer di Kabupaten Klaten tersebut diikuti sekitar 130 warga dari empat dukuh di Desa Tegalmulyo.

Desa Tegalmulyo merupakan salah satu desa yang masuk dalam kawasan rawan bencana tingkat tiga (KRB III) dalam penanggulangan erupsi Merapi.

Desa lainnya yang terpetakan berada di KRB III adalah Desa Balerante, Kendalsari, dan Sidorejo.

Rantiman menjelaskan pihaknya akan terus berkoordinasi dengan Satuan Pelaksanaan Penanggulangan Bencana Kabupaten Klaten yang dikoordinatori Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat setempat dalam memelihara kesehatan warga lereng Merapi di barak-barak pengungsian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Video Pilihan Video Lainnya >

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com