Di Bogor, Matahari Dikelilingi Pelangi

Kompas.com - 12/10/2010, 12:35 WIB

BOGOR, KOMPAS.com — Warga Bogor, Selasa (12/10/2010) siang, dikagetkan dengan fenomena pelangi mengelilingi Matahari yang biasa disebut halo matahari. Di tengah siang bolong yang terik, langit yang biru cerah tanpa awan tiba-tiba dihiasi lingkaran warna-warni pelangi.

Kontan, fenomena alam yang langka itu pun menjadi perhatian warga. Banyak orang menyempatkan diri mendongakkan kepala ke langit untuk melihatnya. Bahkan, sebagian warga tampak berkerumun untuk menonton bersama di sejumlah sudut Kota Bogor, seperti di depan ruko-ruko, di terminal, dan di pinggir jalan.

Seperti dilaporkan wartawan Kompas, Ratih P Sudarsono, halo matahari telah tampak di langit Kota Bogor sejak sekitar pukul 09.00. Hingga pukul 12.30 saat berita ini ditulis, peristiwa langka tersebut masih bisa dinikmati. Lingkaran pelangi tampak sangat lebar mengelilingi Matahari.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, halo matahari adalah lingkaran pelangi yang mengelilingi Matahari. Halo juga bisa terjadi di sekitar Bulan pada malam hari. Fenomena halo ini disebabkan pembiasan cahaya Matahari oleh uap air di atmosfer sehingga terlihat seperti pelangi.



EditorTri Wahono

Close Ads X