Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DPR Pertanyakan Razia Indomie di Taiwan

Kompas.com - 11/10/2010, 13:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Anggota Komisi VI DPR RI mempertanyakan adanya razia mi instan produksi PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) di Taiwan. Hal tersebut disampaikan oleh Mirati Dewaningsih dari Fraksi PKB saat melakukan rapat kerja dengan Kementerian Perdagangan di Jakarta Senin (11/10/2010) hari ini.

"Kami meminta klarifikasi dari atase perdagangan menganai pelarangan masuk mi instan ke Taiwan," kata Mirati kepada perwakilan dari Kementerian Perdagangan yang dipimpin oleh Sekretaris Jenderal Ardiansyah Parman didamping oleh seluruh atase perdagangan dan kepala Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) dari seluruh negara.

Sebelumnya, diberitakan bahwa Departemen Kesehatan Taiwan menyatakan produk mi instan Indonesia mengandung zat pengawet E218 (Methyl P-droxybenzoate) yang seharusnya digunakan untuk bahan kosmetik dan kecantikan. Berita tersebut diklarifikasi Direktur ICBP Taufik Wiraatmadja. Dalam siaran persnya, Taufik menyatakan produk mie instan yang di ekspor ke Taiwan sudah memenuhi aturan standar di sana. Indofood menduga mi instan yang dirazia bukan produk resmi yang diekspor untuk pasar Taiwan.(KONTAN/Asnil Bambani Amri)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Video Pilihan Video Lainnya >

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com