Alat Makan Penunjang Diet

Kompas.com - 01/10/2010, 11:38 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Menjaga pola makan dengan asupan sehat dan rendah lemak barulah separuh dari perjuangan melawan kegemukan. Menggunakan alat makan dan peralatan dapur yang tepat sebenarnya juga menjadi bagian dari gaya hidup sehat.

Menurut Anne Fletcher, ahli gizi dan penulis beberapa buku tentang penurunan berat badan, mengatakan ada beberapa perlengkapan dapur yang akan mendukung usaha Anda mengurangi asupan kalori. Check this out! Timbangan makanan Porsi yang akurat sangatlah penting untuk mengontrol berat badan karena jenis makanan yang Anda asup berbeda-beda jumlah kalorinya. Jangan sampai jumlah kalori yang tidak tepat akan mengacaukan diet Anda.

Sendok takar Beberapa resep makanan menggunakan ukuran cangkir (cup) dan sendok makan sebagai alat penakar porsi. Bila Anda tak mau repot, Anda bisa menggunakan tangan sebagai penggantinya. Setengah cup kira-kira setara dengan sayuran, buah, atau beras dalam satu telapak tangan. Sementara itu satu cup setara dengan dua genggam.

Alat pengukus Makanan yang dikukus mengandung lemak yang lebih sedikit dibanding makanan yang digoreng atau dibakar. Berinvestasilah membeli panci pengukus yang cukup bagus.

Blender dan food processor Alat-alat ini akan membuat tugas Anda dalam menyiapkan makanan dan minuman sehat lebih ringan. Membuat jus sendiri juga akan membuat asupan gula lebih terkontrol ketimbang membeli jus siap minum.

Piring makan kecil Biasakan untuk menggunakan piring dan alat makan lain yang berukuran kecil. "Jika memakai piring yang besar, tanpa sadar kita akan mengambil dalam porsi lebih besar untuk mengisi piring," kata brian Wansink, penulis buku Mindless Eating: Why We Eat More Than We Think.

Panci antilengket Alat-alat masak anti lengket akan sangat membantu Anda mengurangi penggunaan minyak untuk memasak. Hal ini tentu akan mengurangi jumlah kalori dalam masakan.

 



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X