Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mempertahankan Berat Badan Ideal

Kompas.com - 30/09/2010, 18:02 WIB

KOMPAS.com- Jangan kira mempertahankan berat badan adalah hal yang mudah. Saat Anda berpatokan ingin mencapai angka tertentu pada timbangan berat badan, Anda punya gol, yakni tujuan pasti. Tetapi ketika Anda harus mempertahankan berat badan agar tetap berada di angka itu, godaannya tak enteng pula, lho.

Saat Anda sudah mencapai angka berat badan yang diinginkan, sebuah sikap positif adalah hal yang penting untuk menjaga angka itu. Untuk menghilangkan berat badan secara permanen, Anda harus membuat komitmen untuk mengadopsi gaya hidup sehat dan tidak kembali menjalankan gaya hidup yang membuat Anda lebih berat dari bobot tubuh sebelumnya.

Mengkontrol berat badan bukan hal yang mustahil. Kuncinya? Menyeimbangkan apa yang Anda makan dan seberapa banyak Anda berolahraga dan beraktivitas untuk membakar kalori yang masuk itu. Berikut beberapa tips:

* Jangan melewatkan waktu makan
Ada 3 waktu makan; sarapan, makan siang, dan makan malam. Melewatkan waktu makan bisa memperlambat metabolisme tubuh. Melewatkan waktu makan juga bisa menyebabkan Anda kelaparan saat waktu makan berikutnya. Alhasil? Anda akan makan lebih banyak dari yang diperlukan.

* Timbang berat badan
Jangan alergi dengan yang namanya timbangan berat badan. Memonitor berat badan akan membantu Anda menahan dan mencegah kenaikan berat badan. Anda tak selalu merasa perbedaan pada bagaimana rasa dari pakaian untuk dijadikan patokan apakah Anda bertambah bobot atau tidak. Untuk memastikan bahwa Anda makan makanan sehat, catat makanan Anda dalam jurnal makanan Anda. Tuliskan semua yang Anda konsumsi atau minum. Jujurlah pada diri sendiri dan tuliskan akurat, kalau tidak, jurnal itu sia-sia. Jurnal makanan ini akan membantu Anda mengerti bahwa ada makanan berkalori tinggi yang makin sering masuk ke dalam daftar makanan harian Anda. Catat pula lama dan frekuensi berolahraga Anda. Ini bisa membantu Anda memantau perkembangan tren Anda sendiri. Apakah berat tubuh Anda meningkat karena makanan atau karena Anda kurang olahraga?

* Asuplah berbagai variasi makanan untuk mendapatkan nutrien yang dibutuhkan tentu dengan takaran yang secukupnya.

* Tentu jangan lupa untuk menambahkan menu biji-bijian, buah-buahan, sayuran, dan protein.

* Pastikan Anda mendapatkan banyak aktivitas per harinya. Aktivitas fisik merupakan satu dari banyak aspek penting untuk menjaga agar berat badan tetap terjaga dan tetap aktif setiap hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Video Pilihan Video Lainnya >

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com