Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diabetes, Mengapa BB Turun Drastis?

Kompas.com - 29/09/2010, 07:07 WIB

Kompas.com — Anda mungkin pernah menjumpai orang yang semula gemuk tiba-tiba menjadi kurus setelah didiagnosis diabetes. Padahal, berat badan menurun itu bukan akibat diet yang berhasil, melainkan akibat pankreas mulai rusak.

Fungsi pankreas adalah memproduksi insulin untuk memproses asupan glukosa sebagai sumber energi. Pada orang yang menderita diabetes, tubuhnya gagal mengelola gula menjadi energi akibat terjadinya resistensi insulin.

"Karena tubuh butuh energi, ia mencari alternatif dengan cara memecah lemak untuk menjadi energi. Kalau tidak cukup, protein atau otot yang dipecah sehingga lama-lama berat badan menyusut," kata dr Imam Subekti, Sp PD dari Divisi Metabolik dan Endokrinologi Departemen Ilmu Penyakit Dalam, FKUI/RSCM Jakarta.

Namun, menurut dr Imam, pada dasarnya, orang gemuk yang menderita diabetes memang harus menurunkan berat badannya lewat perubahan gaya hidup. "Bila sudah muncul gejala-gejala diabetes, perubahan gaya hidup sudah harus dilakukan agar penyakitnya terkendali," katanya.

Selain berat badan menurun, gejala klasik diabetes lainnya adalah banyak minum, sering buang air kecil, dan nafsu makan meningkat. Bila diabetes tidak terkontrol, bisa menimbulkan komplikasi, seperti impotensi, stroke, gangguan dalam melihat, gagal ginjal, serta luka di kaki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com