Diabetes, Mengapa BB Turun Drastis?

Kompas.com - 29/09/2010, 07:07 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com — Anda mungkin pernah menjumpai orang yang semula gemuk tiba-tiba menjadi kurus setelah didiagnosis diabetes. Padahal, berat badan menurun itu bukan akibat diet yang berhasil, melainkan akibat pankreas mulai rusak.

Fungsi pankreas adalah memproduksi insulin untuk memproses asupan glukosa sebagai sumber energi. Pada orang yang menderita diabetes, tubuhnya gagal mengelola gula menjadi energi akibat terjadinya resistensi insulin.

"Karena tubuh butuh energi, ia mencari alternatif dengan cara memecah lemak untuk menjadi energi. Kalau tidak cukup, protein atau otot yang dipecah sehingga lama-lama berat badan menyusut," kata dr Imam Subekti, Sp PD dari Divisi Metabolik dan Endokrinologi Departemen Ilmu Penyakit Dalam, FKUI/RSCM Jakarta.

Namun, menurut dr Imam, pada dasarnya, orang gemuk yang menderita diabetes memang harus menurunkan berat badannya lewat perubahan gaya hidup. "Bila sudah muncul gejala-gejala diabetes, perubahan gaya hidup sudah harus dilakukan agar penyakitnya terkendali," katanya.

Selain berat badan menurun, gejala klasik diabetes lainnya adalah banyak minum, sering buang air kecil, dan nafsu makan meningkat. Bila diabetes tidak terkontrol, bisa menimbulkan komplikasi, seperti impotensi, stroke, gangguan dalam melihat, gagal ginjal, serta luka di kaki.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X