Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tangkal Diabetes dengan Memberi ASI

Kompas.com - 28/08/2010, 10:47 WIB

KOMPAS.com — Diabetes melitus merupakan penyakit yang menjadi "pembunuh tersembunyi" karena komplikasinya bisa menimbulkan penyakit serius, seperti jantung, ginjal, dan kebutaan, serta masih banyak lagi. Bagi kaum perempuan, salah satu cara mencegah diabetes adalah dengan menyusui bayi.

Memberikan air susu ibu (ASI) bukan hanya menjamin bayi mendapatkan nutrisi yang lengkap dan menunjang kecerdasannya, melainkan juga bermanfaat bagi si ibu. Berbagai riset telah membuktikan manfaat pemberian ASI tersebut.

Dalam riset terbaru yang meneliti 2.200 perempuan usia 40-78 diketahui 27 persen responden yang tidak memberikan ASI menderita diabetes tipe 2 dibandingkan dengan para ibu yang menyusui bayinya.

Diabetes tipe 2 terjadi ketika sel tubuh secara perlahan kehilangan sensitivitasnya pada insulin. Penyakit ini juga salah satunya disebabkan oleh faktor obesitas.

"Pengaturan pola makan dan olahraga adalah cara efektif untuk mencegah diabetes. Namun, belum banyak orang yang tahu bahwa memberikan ASI bisa mengurangi risiko seorang wanita terkena diabetes tipe 2 di kemudian hari," kata dr Eleanor Bimla Schwarz dari University of Pittsburgh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com