Lokasi Tepat Cari Jejak Kehidupan di Mars

Kompas.com - 13/08/2010, 08:38 WIB
EditorTri Wahono

KOMPAS.com — Sebuah lokasi di Mars yang disebut Nili Fossae, yang berupa batuan lempung kaya mineral, diduga merupakan titik yang tepat untuk mencari sisa-sisa fosil dari kehidupan di Mars (Martian) sekitar 4 miliar tahun lalu.

Para ilmuwan yang menggunakan instrumen NASA Mars Reconnaissance Orbiter (MRO) mempelajari batuan peninggalan dari era Noachian itu. Penelitian tersebut belum menemukan bukti aktual akan kehidupan masa lalu, tetapi menyatakan bahwa lokasi tersebut amat mungkin menjadi habitat sebuah kehidupan.

"Aktivitas hidrotermal yang ada di sini mampu menyediakan energi yang dibutuhkan suatu aktivitas biologi pada masa awal Mars di Nili Fossae," ujar Kepala Penelitian Adrian Brown dari lembaga Search for Extraterrestrial Intelligence Institute (SETI) di Mountain View, California, AS, pekan lalu. (SPACE.com/ISW)