Lokasi Tepat Cari Jejak Kehidupan di Mars

Kompas.com - 13/08/2010, 08:38 WIB
EditorTri Wahono

KOMPAS.com — Sebuah lokasi di Mars yang disebut Nili Fossae, yang berupa batuan lempung kaya mineral, diduga merupakan titik yang tepat untuk mencari sisa-sisa fosil dari kehidupan di Mars (Martian) sekitar 4 miliar tahun lalu.

Para ilmuwan yang menggunakan instrumen NASA Mars Reconnaissance Orbiter (MRO) mempelajari batuan peninggalan dari era Noachian itu. Penelitian tersebut belum menemukan bukti aktual akan kehidupan masa lalu, tetapi menyatakan bahwa lokasi tersebut amat mungkin menjadi habitat sebuah kehidupan.

"Aktivitas hidrotermal yang ada di sini mampu menyediakan energi yang dibutuhkan suatu aktivitas biologi pada masa awal Mars di Nili Fossae," ujar Kepala Penelitian Adrian Brown dari lembaga Search for Extraterrestrial Intelligence Institute (SETI) di Mountain View, California, AS, pekan lalu. (SPACE.com/ISW)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.