Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tulang Manusia Purba Ditemukan di Komodo

Kompas.com - 10/08/2010, 07:07 WIB

LABUAN BAJO, KOMPAS.com — Tim peneliti dari Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, menemukan empat tulang manusia purba tipe manusia modern atau homo sapiens di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Tulang-tulang itu akan diteliti lebih lanjut di Institute Gieu Body Suntronic, Yogyakarta. Ketua tim peneliti dari UGM, Tular Sidarmali, kepada pers di Labuan Bajo, Selasa (10/8/2010), mengatakan, keempat tulang itu terdiri dari tiga tulang pria dewasa dan satu tulang anak anak.

Tim melakukan penelitian selama satu bulan untuk menemukan empat tulang manusia tipe manusia modern itu.

Mereka menggali di tiga tempat berbeda dengan kedalaman rata-rata 2 meter, di wilayah Warloka, Manggarai Barat, yang diduga memiliki banyak situs bersejarah. Homo sapiens ini diduga telah terkubur 10-17 abad.

Selain tulang manusia purba, ditemukan juga benda-benda dari masa yang jauh kemudian, seperti gelang, rantai perunggu, mangkok, batu nisan, tulang-tulang binatang, serta alat-alat batu pada zaman sejarah.

Sidarmali mengatakan, tim UGM telah melakukan observasi beberapa tahun sebelumya. Dari cerita rakyat setempat, Warloka menyimpan banyak benda bersejarah.

"Diduga benda-benda ini adalah peninggalan Kerajaan Bima. Tulang manusia dan benda-benda bersejarah ini akan dipamerkan di Warloka, 10 Agustus 2010," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com