Tulang Manusia Purba Ditemukan di Komodo

Kompas.com - 10/08/2010, 07:07 WIB
Editoryuli

LABUAN BAJO, KOMPAS.com — Tim peneliti dari Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, menemukan empat tulang manusia purba tipe manusia modern atau homo sapiens di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Tulang-tulang itu akan diteliti lebih lanjut di Institute Gieu Body Suntronic, Yogyakarta. Ketua tim peneliti dari UGM, Tular Sidarmali, kepada pers di Labuan Bajo, Selasa (10/8/2010), mengatakan, keempat tulang itu terdiri dari tiga tulang pria dewasa dan satu tulang anak anak.

Tim melakukan penelitian selama satu bulan untuk menemukan empat tulang manusia tipe manusia modern itu.

Mereka menggali di tiga tempat berbeda dengan kedalaman rata-rata 2 meter, di wilayah Warloka, Manggarai Barat, yang diduga memiliki banyak situs bersejarah. Homo sapiens ini diduga telah terkubur 10-17 abad.

Selain tulang manusia purba, ditemukan juga benda-benda dari masa yang jauh kemudian, seperti gelang, rantai perunggu, mangkok, batu nisan, tulang-tulang binatang, serta alat-alat batu pada zaman sejarah.

Sidarmali mengatakan, tim UGM telah melakukan observasi beberapa tahun sebelumya. Dari cerita rakyat setempat, Warloka menyimpan banyak benda bersejarah.

"Diduga benda-benda ini adalah peninggalan Kerajaan Bima. Tulang manusia dan benda-benda bersejarah ini akan dipamerkan di Warloka, 10 Agustus 2010," katanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.