Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lima Puskesmas Ideal Dioperasikan

Kompas.com - 27/07/2010, 20:04 WIB

Malang, Kompas - Kabupaten Malang telah mengoperasikan lima pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) berstatus puskesmas ideal dari total 33 puskesmas di wilayah ini. Sebutan puskesmas ideal diberikan pada puskesmas yang telah mengembangkan layanan berbasiskan potensi lokal yang spesifik sebagaimana problem kesehatan setempat.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malang Muhammad Fauzi pada Senin (26/7) di Malang menjelaskan, kelima puskesmas ideal itu adalah Puskesmas Tumpang untuk mutu jenis layanan prima dan Puskesmas Lawang yang telah dikembangkan sebagai pusat layanan kecelakaan lalu lintas.

Puskesmas Sumberpucung untuk jenis layanan bagi kelompok berisiko tinggi kesehatan seksual, Puskesmas Donomulyo yang berada di wilayah selatan dekat pantai selatan untuk jenis layanan puskesmas pariwisata, serta Puskesmas Dampit yang berada di kawasan rawan bencana alam untuk jenis layanan menghadapi kegawatan bencana alam.

Menurut Fauzi, kelima puskesmas telah mendapatkan perlengkapan layanan sesuai dengan tujuan pembentukan layanan ideal setiap puskesmas. Sebagai contoh, Puskesmas Kecamatan Gondanglegi telah dilengkapi sejumlah sarana untuk layanan bagi pengidap HIV/AIDS.

"Ada petugas konseling, layanan voluntary counseling unit, yakni pemeriksaan infeksi virus secara sukarela, dan layanan bagi pengguna jarum suntik pengidap kecanduan narkoba kronis. Itu juga termasuk adanya layanan jarum suntik steril bagi pengidap," katanya.

Selain lima puskesmas ideal, Dinas Kesehatan Kabupaten Malang juga masih mengembangkan sejumlah proses pembentukan puskesmas ideal. Puskesmas Pakisaji menjadi puskesmas berbasiskan teknologi informasi, yang disebut Puskesmas Jempol karena basis datanya memungkinkan pasien hanya menunjukkan jempol lewat pemindai sidik jari untuk mendapatkan riwayat rekam medis.

Puskesmas Kepanjen menjadi puskesmas yang mengembangkan kemampuan surveillance epidemiologi, di mana kawasan rawan penyakit tertentu terpetakan secara geografis. Puskesmas Turen mengembangkan kemampuan sebagai puskesmas layanan ibu dan anak. "Ini membuat Kabupaten Malang mampu memberi layanan cukup baik bagi penduduknya," katanya. (ODY)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com