Lima Puskesmas Ideal Dioperasikan

Kompas.com - 27/07/2010, 20:04 WIB
Editor

Malang, Kompas - Kabupaten Malang telah mengoperasikan lima pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) berstatus puskesmas ideal dari total 33 puskesmas di wilayah ini. Sebutan puskesmas ideal diberikan pada puskesmas yang telah mengembangkan layanan berbasiskan potensi lokal yang spesifik sebagaimana problem kesehatan setempat.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malang Muhammad Fauzi pada Senin (26/7) di Malang menjelaskan, kelima puskesmas ideal itu adalah Puskesmas Tumpang untuk mutu jenis layanan prima dan Puskesmas Lawang yang telah dikembangkan sebagai pusat layanan kecelakaan lalu lintas.

Puskesmas Sumberpucung untuk jenis layanan bagi kelompok berisiko tinggi kesehatan seksual, Puskesmas Donomulyo yang berada di wilayah selatan dekat pantai selatan untuk jenis layanan puskesmas pariwisata, serta Puskesmas Dampit yang berada di kawasan rawan bencana alam untuk jenis layanan menghadapi kegawatan bencana alam.

Menurut Fauzi, kelima puskesmas telah mendapatkan perlengkapan layanan sesuai dengan tujuan pembentukan layanan ideal setiap puskesmas. Sebagai contoh, Puskesmas Kecamatan Gondanglegi telah dilengkapi sejumlah sarana untuk layanan bagi pengidap HIV/AIDS.

"Ada petugas konseling, layanan voluntary counseling unit, yakni pemeriksaan infeksi virus secara sukarela, dan layanan bagi pengguna jarum suntik pengidap kecanduan narkoba kronis. Itu juga termasuk adanya layanan jarum suntik steril bagi pengidap," katanya.

Selain lima puskesmas ideal, Dinas Kesehatan Kabupaten Malang juga masih mengembangkan sejumlah proses pembentukan puskesmas ideal. Puskesmas Pakisaji menjadi puskesmas berbasiskan teknologi informasi, yang disebut Puskesmas Jempol karena basis datanya memungkinkan pasien hanya menunjukkan jempol lewat pemindai sidik jari untuk mendapatkan riwayat rekam medis.

Puskesmas Kepanjen menjadi puskesmas yang mengembangkan kemampuan surveillance epidemiologi, di mana kawasan rawan penyakit tertentu terpetakan secara geografis. Puskesmas Turen mengembangkan kemampuan sebagai puskesmas layanan ibu dan anak. "Ini membuat Kabupaten Malang mampu memberi layanan cukup baik bagi penduduknya," katanya. (ODY)



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X