Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Tuan Rumah Konferensi Harimau

Kompas.com - 06/07/2010, 17:26 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Kehutanan bekerja sama dengan Global Tiger Initiative-World Bank akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan pertemuan "Pre-Tige Summit Partners Dialogue Meeting" pada 12-14 Juli 2010 di Nusa Dua, Bali.

"Pertemuan ini merupakan pertemuan persiapan sebelum Konferensi Internasional Konservasi Harimau 'World Tiger Summit' tingkat kepala negara di Rusia," ungkap Direktur Jenderal PHKA, Ir. Darori, Selasa (6/7/2010), di Jakarta.

Pertemuan tersebut akan dihadiri delegasi dari tiga belas negara yang memiliki harimau alam (Tiger Range Countries/ TRCs) dan lembaga internasional. Ketigabelas negara yang menjadi partisipan yakni Banglades, Bhtan, Cina, India, Indonesia, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Nepal, Rusia, Thailand, dan Vietnam.

"Para delegasi di Bali akan bersama-sama merumuskan naskah Rencana Pemulihan Harimau Dunia sebagai kesepakatan antar negara untuk pelestarian harimau dan menggandakan populasinya di alam di tahun 2022," ungkap Direktur Konservasi Keanekaragaman Hayati, Harry Santoso.

Selain harapan untuk dicapainya kesepakatan, Kementerian Kehutanan RI juga berharap pertemuan tersebut menjadi komitmen antar negara dengan dukungan finansial berbagai pihak untuk pelestarian satwa langka tersebut.

Adapun, total harimau alam di dunia yakni 3200 ekor, 400 di antaranya berada di Indonesia. Sementara, spesies harimau di dunia terdiri dari sembilan spesies dengan tiga spesies berasal dari Indonesia yakni Harimau Sumatera, Harimau Jawa, dan Harimau Bali. Namun, kini hanya tinggal Harimau Sumatera saja yang masih hidup di Indonesia, sisanya telah punah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com