Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bayi Musim Panas Tulangnya Lebih Kuat

Kompas.com - 06/07/2010, 08:47 WIB

Kompas.com - Ingin memiliki anak yang sehat, kuat, dan berpostur tinggi? Maka, usahakan agar Anda melahirkan di musim panas. Para ahli memperkirakan, paparan sinar matahari di musim panas pada ibu hamil sangat mendukung kesehatan bayi.

Kesimpulan itu dibuat berdasarkan studi yang melibatkan 7000 anak. Para ahli yakin, kunci kesehatan dan tumbuh kembang anak terdapat pada ibu ketika masa kehamilan. Para ibu yang banyak mendapat paparan sinar matahari, akan melahirkan anak-anak dengan tulang yang kuat.

Dalam penelitian yang dilakukan tim dari Bristol University, dibandingkan tinggi badan anak-anak berusia 10 tahun. Anak-anak itu dibagi dalam dua kelompok, anak yang lahir di musim panas memiliki tinggi badan setengah hingga satu sentimeter lebih tinggi dan tulang lebih lebar dibanding rekannya yang lahir di musim dingin.

"Tulang yang lebar biasanya lebih kuat dan mengurangi risiko osteoporosis di usia lanjut. Karena itu, semua hal yang mempengaruhi pertumbuhan tulang sangat penting," kata profesor Jon Tobias, salah satu peneliti.

Para ibu hamil, khususnya di negara empat musim, dianjurkan untuk banyak berjemur di bawah matahari pagi terutama di masa tri semeter ketiga kehamilan untuk memenuhi kebutuhan vitamin D. "Tidak perlu panik dan takut akan risiko kanker kulit karena manfaat dari berjemur lebih banyak," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com