Raflesia Mekar Pukul 05.30

Kompas.com - 21/06/2010, 21:39 WIB

BOGOR, KOMPAS.com — Rafflesia patma kembali mekar di Kebun Raya Bogor, setelah pada 2 Juni lalu bunga langka itu memperlihatkan pesonanya.      Menurut Sofie Mursidawati, peneliti LIPI yang mengamati perkembangan bunga Rafflesia patma tersebut, di Bogor, mengatakan, tanda-tanda bunga akan mekar di KRB sudah terlihat pada Sabtu dan barulah pada Minggu pukul 05.30 WIB bunga mekar sempurna.       "Berbeda dari pendahulunya, Rafflesia patma yang mekar kali ini warnanya lebih cerah," ujar Sofie dalam siaran pers LIPI, Senin (21/6/2010).       Sofie mengatakan, Rafflesia adalah tumbuhan yang sangat unik, memiliki sifat hidup yang menarik perhatian berbagai kalangan, terutama peneliti.       Hingga kini teknik untuk menumbuhkan Rafflesia di luar habitatnya masih sangat sukar dilakukan. Untuk melihatnya, orang harus datang langsung ke habitat aslinya.       "Ini karena sifat biologis Rafflesia yang sangat rumit karena hidupnya yang bergantung pada inangnya, yaitu Tetrastigma spp, yang berasal dari suku anggur-angguran (Vitaceae).       Menurut Sofie, usaha untuk membuat Rafflesia hidup di luar habitatnya sudah dilakukan sejak tahun 1857 oleh peneliti-peneliti Belanda, tetapi banyak aspek kehidupan biologisnya yang masih jadi misteri sehingga kelangkaan masih melekat pada tumbuhan ini.