Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mencari Bukti Emisi Karbon

Kompas.com - 08/06/2010, 04:22 WIB

YUNI IKAWATI


Sebagai negara tropis yang memiliki kawasan hutan terluas, Indonesia dituding sebagai pencemar terbesar gas rumah kaca terutama akibat praktik pembukaan lahan dan hutan. Untuk dapat membantah ketidakbenaran pernyataan itu, Indonesia berupaya melakukan pengukuran emisi karbonnya.

Riset mengenai perubahan iklim juga dimaksudkan untuk membuktikan kebenaran dampak yang ditimbulkan, seperti naiknya permukaan laut, munculnya bencana alam yang semakin sering (banjir, kekeringan, dan badai), kekerapan kejadian cuaca yang ekstrem dan timbulnya berbagai penyakit.

Menurut Dwi Susanto, peneliti senior di Lamont Doherty Earth Observatory of Columbia University New York Amerika Serikat, salah satu cara untuk mengetahui kondisi iklim dari ribuan tahun lalu dapat dilakukan dengan meneliti lapisan es.

Sejarah iklim dan bencana alam, jelas peneliti geologi di Pusat Penelitian Geoteknologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Wahjoe S Hantoro, juga dapat diketahui secara tak langsung dari lingkaran dalam pohon kayu, terumbu karang, cangkang, lapisan batuan, sedimen di danau dan laut dalam, hingga stalaktit dan stalakmit di goa kapur.

Sedimen laut dalam dan danau pernah diambil di Teluk Cenderawasih dan Danau Hogayaku di Papua. Pengambilan sedimen laut dalam dilakukan dengan melibatkan peneliti Jerman menggunakan Kapal Sonne dan peneliti Perancis dengan kapal Marion Dufresne.

Es di daerah tropis

Namun, penelitian sedimen pada lapisan es di daerah tropis, kata Dwi, merupakan sesuatu hal yang sangat langka. Hanya ada tiga tempat wilayah tropis, yaitu di Kilimanjaro, Tanzania, Andes, Peru, dan Puncak Jaya Wijaya, Papua. Bahkan, lapisan es di Puncak Jaya Wijaya itu merupakan satu-satunya di dunia yang terletak di pusat kolam panas Lautan Pasifik barat. Lapisan es itu berada pada ketinggian 4.884 meter di atas permukaan air.

Penelitian awal di Puncak Jaya menunjukkan, tutupan es itu telah berkurang 78 persen sejak tahun 1936 hingga 2006. Walaupun secara umum luas tutupan es berkurang setiap tahunnya, tetapi antara tahun 1997 dan 2000 ada beberapa lokasi yang mengalami penambahan. ”Hal ini perlu diteliti lebih lanjut,” kata Dwi.

Pantauan terakhir menunjukkan, lapisan es di Puncak Jaya sudah menipis tajam. ”Diperkirakan, akibat pemanasan global, dalam dekade ke depan kemungkinan lapisan itu sudah menghilang,” ujar Dwi yang pernah menjadi peneliti di Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com