Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peneliti Arkeologi Gali Kuburan Guci

Kompas.com - 05/06/2010, 19:05 WIB

TENGGARONG, KOMPAS - Tim peneliti arkeologi selesai menggali dan mengidentifikasi kuburan 52 guci berisi kerangka manusia di Kelurahan Sangasanga Dalam, Kecamatan Sangasanga, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Sabtu (5/6/2010).

"Kuburan tajau atau disebut juga guci, tempayan, dan martavan ini sudah ada sejak abad delapan belas dan menjadi yang terbesar yang pernah ditemukan di Indonesia," kata Ketua Tim Penelitian Penguburan Tajau Sangasanga Bambang Sugiyanto kepada pers.  

"Untuk menentukan umur kuburan dan jenis ras manusia yang dikubur secara akurat kami mengirimkan sampel tulang dan tanah ke laboratorium di Jakarta," tambah Bambang .

Adapun, aktivitas tim penelitian itu menindaklanjuti temuan tidak disengaja tujuh guci berisi kerangka manusia oleh buruh penggalian tanah pada 13 Juni 2009. Waktu itu, buruh sedang ingin meratakan suatu bukit dengan eskavator tetapi di dalamnya tersingkap tujuh guci. Tujuh guci itu berhasil diselamatkan tetapi aktivitas itu membuat guci-guci lainnya rusak dan baru disingkap tahun ini oleh tim peneliti arkeologi.

Sebanyak 16 anggota tim peneliti berasal dari Balai Arkeologi Banjarmasin, Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Samarinda, dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kutai Kartanegara. Enam warga setempat membantu tim selama penggalian sejak 16 Mei lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com