Umat Buddha Ambon Ikuti Puja Bakti - Kompas.com

Umat Buddha Ambon Ikuti Puja Bakti

Kompas.com - 28/05/2010, 13:24 WIB

AMBON, KOMPAS.com - Puluhan umat Buddha di Kota Ambon dan sekitarnya mengikuti puja bakti dan meditasi detik-detik Waisak yang diselenggarakan Walubi Maluku di Vihara Swarna Giri Tirta, kawasan Gunung Nona, Nusaniwe, Jumat (28/5/2010).

Umat Buddha mulai mendatangi Viraha untuk mengikuti rangkaian detik-detik Waisak 2554 BE/2010 pada pukul 09.00 WIT, untuk melakukan berbagai persiapan menjelang meditasi yang dimulai Pukul 10.00 WIT dipimpin Ketua Walubi Maluku, Wilhelmus Jawerissa.

Menjelang detik-detik Waisak dilakukan puja bakti dan renungan serta meditasi, sementara belasan anak sekolah minggu menyanyikan lagu Malam Suci Waisak. Empat anak di antaranya dipercayakan membacakan kitab Dhamapada di depan altar dan Patung Buddha.

Kendati yang hadir hanya puluhan umat, umumnya warga keturunan, perayaan detik-detik Waisak berjalan lancar dan khusuk.

Dalam doa, mereka juga menyampaikan harapan akan keselamatan dan kesejahteraan Bangsa Indonesia.

Wilhelmus Jawerissa dalam renungan Waisak menyampaikan sembilan sifat luhur Sang Buddha dan para umat diharapkan dapat benar-benar menghayati keagungan sifat Buddha serta mengaktualisasikan dalam kehidupan setiap hari.

Perayaan Waisak, katanya, harus menjadi sebagai momentum khususnya bagi umat Buddha untuk mendorong suatu pembangunan karakter bangsa.

"Berbagai bencana yang menimpa bangsa Indonesia hanya dikarenakan nafsu manusia yang tidak terkendali. Tidak ada api yang sama dengan api nafsu manusia. Api nafsu manusia jauh lebih dahsyat," katanya.


Editorbnj

Close Ads X