Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

50 Hektar Hutan Dibabat demi Proyek Tol Trans-Jawa

Kompas.com - 26/03/2010, 17:53 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com — Hutan di Jawa tak lagi luas. Walau begitu, areal tersebut masih harus dibabat lagi demi pembangunan. Dinas Kehutanan Jawa Tengah memperkirakan, sekitar 50 hektar hutan di wilayah utara provinsi tersebut akan terkena proyek tol Semarang-Batang.

"Hutan yang akan terlewati proyek ini berada di wilayah Kendal dan Batang," kata Kepala Dinas Kehutanan Jawa Tengah Sri Puryono di Semarang, Jumat (26/3/2010). Menurut dia, sejumlah lokasi alternatif telah disiapkan sebagai lahan pengganti area hutan yang terkena proyek tol.

Ia menjelaskan, lahan pengganti ini luasnya dua kali lipat dari luas hutan yang terkena tol. "Untuk menjaga ekosistem lingkungan, lahan pengganti disiapkan di sekitar area yang terkena proyek," katanya.

Menurutnya, kondisi ini serupa dengan proyek tol Semarang-Solo yang melewati hutan seluas 22,4 hektar. "Hutan milik Perum Perhutani ini sudah memperoleh ganti rugi seluas 44,8 hektar," katanya.

Secara terpisah, Kepala Dinas Bina Marga Jawa Tengah Danang Atmodjo mengatakan, proyek tol Semarang-Batang rencananya akan dimulai tahun ini. Menurutnya, proyek ini sepenuhnya dibiayai oleh pihak swasta. Adapun pemerintah memfasilitasinya dengan pembebasan lahan. Ia menuturkan, tol sepanjang 75 kilometer ini merupakan bagian dari proyek tol Trans-Jawa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com