Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wah.. Tunggakan PDAM Capai Rp 4,6 Triliun

Kompas.com - 22/03/2010, 22:38 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com — Tunggakan Perusahaan Daerah Air Minum ke Departemen Keuangan mencapai Rp 4,6 triliun. Dari total jumlah itu, Rp 1,5 triliun merupakan tunggakan pokok dan Rp 3,1 triliun merupakan tunggakan bunga dan administrasi di pertengahan bulan ketiga 2010.

"Dari 350 PDAM di Tanah Air yang menunggak, 175 di antaranya masuk dalam kategori kredit macet," ujar Direktur Manajemen Investasi Ditjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan Saritaon Siregar saat dikonfirmasi di Surabaya, Senin (22/3/2010).

Ia menuturkan, dari total itu, 50 persen sudah masuk dalam kategori restrukturisasi yang ditarget sudah final pada semester pertama. Selain itu, pihaknya menargetkan, dari 350 PDAM yang tersebar, 75 persen selesai pada semester kedua sampai akhir tahun.

Kendati sudah ada PDAM yang masuk ke kategori restrukturisasi, ada juga beberapa PDAM yang masuk kategori sehat. Misalnya dari Jatim, seperti PDAM Surabaya, Kediri, Malang, dan Sidoarjo.

Ia menambahkan, melalui Perppres nomor 229 tahun 2009, pemerintah juga memberikan peluang yang lebih luas kepada PDAM untuk mendapatkan sumber pendanaan dari perbankan dengan memberikan kredit investasi. "Dengan begitu, PDAM bisa mendapatkan bantuan dana dari pihak perbankan agar tunggakan pada Depkeu bisa berkurang," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com