Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Orangutan, Tuan yang Pilu di Rumah Sendiri (2-Habis)

Kompas.com - 20/02/2010, 08:09 WIB

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Severianus Endi

KETAPANG, KOMPAS.com - Area rimba gambut di hulu Sungai Sentap, Ketapang, Kalimantan Barat itu, ternyata tak hanya habitat orangutan, tetapi juga diduga bekas permukiman kuno kisaran ratusan tahun silam, menyimpan kekayaan budaya tak ternilai.

Yan Sukanda seorang etnomusikolog dan pengamat lingkungan menuturkan, setahun lalu di lokasi tersebut hutan primernya masih sangat baik. Bentuknya berupa tanah 'pematang' yang membujur memanjang. Panjang bujuran pematang diperkirakan sekitar 5 kilometer, dan lebarnya sekira 500 meter. Pematang ini berada sepanjang hutan di tanah gambut.

"Di tengahnya ditemukan kumpulan pecahan keramik, seperti mangkok, piring, dan mungkin tempayan. Daerah ini mungkin pernah jadi tempat pemukiman ratusan tahun lalu," ujar Yan.

Pohon tengkawang dan pohon asam lembawang banyak ditemui, menjulang tinggi dengan kerimbunan alami. Dua jenis pohon itu lekat sekali dalam kehidupan sehari-hari masyarakat pedalaman.

Tetapi, dua pekan lalu, ditemukan suasana yang telah berubah. Sejalur jumbo atau jalan as untuk proyek perkebunan sawit, telah melintangi area itu.

"Setahun lalu kami ke area itu, berjumpa induk orangutan muda. Belakangan, Pak Bosman (penggembala) yang tinggal di sekitar area memberitahu, orangutan itu kini sudah punya bayi. Sayangnya kami hanya menjumpai sarang mereka," tutur Yan yang mulai mengenal areal itu sejak 2003.

Setiap berkunjung ke hutan itu, Yan biasanya membawa serta beberapa murid, rekan-rekan pencinta alam, atau siapa pun yang punya kepedulian. Mereka membawa global positioning system (GPS) untuk menentukan titik koordinat hutan, maupun kamera video.

Dari pengamatan mereka, primata yang masih ada dan pernah ditemukan seperti orangutan (pongo pygmaeus), kelempiau (hylobates muelleri), bentangan (nasalis larvatus), kelasi, kera (macaca fascicularis), beruk, dan lutung.

Kini, lokasi itu dalam persiapan perkebunan kelapa sawit. Banyak warga masyarakat yang mulai berebut mengkapling tanahnya.

"Sebenarnya, tempat itu sangat damai. Aku dan teman-teman senang ke situ, bermalam di Camp Orut. Mengamati hewan primata terutama orangutan. Kami hanya volunteer yang melakukan pengamatan, mengampanyekan, dan menyerukan perlindungan lokasi itu," ujar Yan.

Untuk mendatangi tempat, mereka hanya bisa menggunakan sepeda motor. Saat hujan jalannya cukup licin.

Jika sedang tak beruntung, sosok orangutan hanya bisa terlihat samar di ketinggian pohon dan sela dedaunan rimbun. Sementara yang paling sering dijumpai yakni primate jenis kera, kelasi, dan lutung. (habis) 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com