Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Duh, Harimau Sumatera Diramalkan Punah 2015

Kompas.com - 07/02/2010, 15:47 WIB

PEKANBARU, KOMPAS.com — Keberadaan harimau sumatera (Panthera tigris sumatrae) di Provinsi Riau diprediksi akan punah paling cepat pada 2015 akibat kehilangan habitat dan perburuan yang hingga kini terus menjadi ancaman utama.

"Dengan kondisi ancaman yang ada sekarang, harimau sumatera di Riau diperkirakan bisa punah paling cepat lima tahun lagi. Hal itu bisa berawal dari kepunahan ekosistem, di mana harimau yang tersisa tidak memungkinkan lagi untuk berkembang biak," kata Koordinator Monitoring Perdagangan Satwa WWF Riau, Osmantri, Minggu (7/2/2010).

Berdasarkan data WWF, jumlah harimau yang berhasil diidentifikasi berdasarkan belangnya tinggal 30 ekor atau sekitar 10 persen dari jumlah populasi satwa liar itu di Pulau Sumatera.

Ancaman dari hilangnya habitat dan perburuan tidak sebanding dengan kemampuan harimau untuk berkembang biak. Seekor harimau betina diperkirakan bisa hidup di alam liar selama 15 tahun.

Selama masa hidupnya, tiap individu hanya bisa melahirkan sebanyak tiga kali. Parahnya, cuma dua ekor anak harimau yang maksimal bisa bertahan hidup sampai dewasa. Lemahnya penegakan hukum menjadi penyebab sulitnya memberantas aktivitas perburuan harimau.

Selama kurun waktu 1998-2009, telah ditemukan sebanyak 46 ekor harimau mati akibat konflik dengan manusia dan perburuan. Artinya, bisa dikatakan rata-rata sebanyak tujuh ekor harimau mati di Riau setiap tahun.

Namun, terjadi ketimpangan dalam proses pengusutan hukum karena hanya ada tiga kasus terkait perburuan harimau yang berakhir di pengadilan dalam periode waktu yang sama.

Kasus perburuan dan pembunuhan harimau pernah disidangkan di Riau, antara lain pada 2001, 2004, dan 2009. Pada kasus terakhir, persidangan kasus perburuan dan pembunuhan harimau bertempat di Pengadilan Negeri Tembilahan, Kabupaten Indragiri Hilir.

"Tapi bisa dikatakan hukuman yang dijatuhkan hakim tidak menimbulkan efek jera karena semua vonis kepada pelaku hanya penjara selama setahun," katanya.

"Penegakan hukum terhadap perburuan dan pembunuhan harimau di Riau paling lemah di antara daerah lainnya di Sumatera," lanjut Osmantri.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com