Tanam Pohon untuk Kurangi Emisi Karbon

Kompas.com - 22/01/2010, 19:26 WIB
Editorprimus

LAMONGAN, KOMPAS - Sekitar 2.000 batang bibit pohon dari jenis mahoni, tanjung, dan trembesi Jumat (22/1/2010) dibagikan dalam Aksi Penanaman Pohon yang dipusatkan di Pasar Desa Made, Lamongan. Sekitar 8.000 batang bibit lainnya akan disebar untuk ditanam di tiap kecamatan, kelurahan dan halaman sekolah untuk mendukung Adipura.Bibit tanaman itu merupakan bantuan PT Petrokimia Gresik.

Menurut Bupati Lamongan, Masfuk kegiatan itu sebagai bagian dari antisipasi perubahan iklim global dan komitmen untuk menurunkan emisi karbon. Kegiatan itu sesuai dengan arahan dari Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono untuk melakukan penyelamatan alam d ari ancaman pemanasan global, ujar Masfuk.

Pelajar diminta agar mulai melakukan revolusi berfikir untuk menyelamatkan alam dan lingkungan demi masa depan bumi. Kalau masyarakat tidak peduli dengan lingkungan, generasi kedepan yang akan terkena kesusahan. Karena itu sekarang bersama jajaran TNI, P olri bersama masyarakat dan PT Petrokimia Gresik dicanangkan gerakan penanaman ini untuk menggugah kesadaran masyarakat, tuturnya.

Di Gresik Surya Kertas bersama Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Gresik, Lembaga Ekologi dan Konservasi untuk Lahan-lahan Basah (Ecoton), serta 1.000 siswa SMAN 1 Driyorejo, menanam pohon di kawasan bantaran Kali Surabaya di kawasan kritis di Desa Cangk ir, Driyorejo dan Tenaru.

Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Driyorejo, Zairasi menjelaskan, kegiatan penghijauan bantaran merupakan bentuk partisipasi SMAN 1 Driyorejo dalam mengurangi dampak pemanasan global. Kegiatan itu melibatkan semua pihak di sekitar SMA Negeri 1 Driyorejo. (ACI)

 

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.