Reduksi Emisi Karbon Dioksida 26 Persen Tidak Terprogram

Kompas.com - 19/01/2010, 08:57 WIB
Editorwah

JAKARTA, KOMPAS.com — Komitmen pemerintah menurunkan emisi sebesar 26 persen atau sebesar 41 persen emisi jika dibantu internasional pada 2020 tidak masuk program kerja Kementerian Negara Lingkungan Hidup. Dalam rapat kerja dengan Komisi VII DPR, Senin (18/1/2010), Menteri Negara Lingkungan Hidup Gusti Muhammad Hatta sama sekali tidak menyinggung hal itu. Program kerja yang dia sampaikan dinilai biasa saja. 

"Upaya penurunan emisi 26 persen itu tidak ada dalam penyampaian Program 100 Hari, 1 Tahun, dan 5 Tahun," kata anggota Komisi VII DPR, Ismayati, dalam rapat kerja yang juga dihadiri puluhan pejabat Kementerian Negara Lingkungan Hidup.

Menurut Ismayati, program penurunan emisi 26 persen itu sangat penting. Hal itu terkait dengan komitmen pemerintah yang menyatakannya secara internasional dan supaya tidak dianggap benar bahwa itu pembohongan terhadap publik.

Wakil Ketua Komisi VII DPR Achmad Farial mengatakan, program penurunan emisi sebesar 26 persen itu tidak jelas. Semestinya, kementerian ini mampu menjabarkan program tersebut, misalnya dengan menghitung kontribusi setiap pemerintah daerah untuk menurunkan emisi di wilayahnya masing-masing.

Gusti pada kesempatan itu menyampaikan program kerja secara tertulis sebanyak 14 halaman.

Dia menyatakan, Program 100 Hari berhasil dilaksanakan. Dalam program itu ada dua agenda, yaitu penyiapan dokumen posisi Indonesia pada Konferensi Perubahan Iklim PBB 2009 dan penetapan mekanisme pencegahan kebakaran hutan. (KOMPAS/NAW)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.