Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siang Nanti Gerhana Matahari Terlihat di Langit Jakarta

Kompas.com - 15/01/2010, 10:14 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Hari Jumat (15/1/2010) ini kawasan Indonesia akan disuguhi peristiwa alam yang unik: gerhana matahari. Ini adalah gerhana terlama pada milenium ini.

Gerhana yang diperkirakan berlangsung 11 menit 8 detik ini akan melewati Afrika bagian tengah, Samudra India, dan sebagian wilayah Indonesia. Titik maksimum gerhana hanya akan terjadi di Samudra Hindia, tetapi masyarakat yang tinggal, antara lain, di Afrika Tengah, Kenya, China, dan Myanmar bisa melihat fase gerhana cincin. Adapun total jalur penumbra gerhana ini mencapai 333 kilometer.

Sayangnya, di Indonesia fenomena alam ini hanya terlihat parsial atau sebagian. Proporsi gerhana yang paling besar terjadi di Aceh yang bisa mencapai 50 persen. Di Jakarta, Matahari hanya akan tertutup 11 persen.

Beberapa wilayah di Indonesia yang dapat menyaksikan gerhana adalah Sumatera, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan, dan sebagian Sulawesi. Proses gerhana yang dimulai dengan masuknya bayang-bayang Bulan di permukaan Bumi akan dimulai pukul 14.39 WIB. Puncak gerhana akan terjadi pada pukul 15.55 WIB.

Lama gerhana diperkirakan sekitar 2 jam, mulai dari pukul 14.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB. Gerhana akan bisa dilihat di Jakarta pada pukul 14.33-16.00 WIB dengan kegelapan hanya 11 persen.

Gerhana matahari yang selama ini, lebih dari 11 menit, baru akan kembali terjadi 1.033 tahun kemudian, tepatnya pada tahun 3043. Berdasarkan catatan, gerhana matahari selama ini hanya dikalahkan peristiwa tahun 1992, yaitu dengan waktu 11 menit 41 detik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com