Roket Air Meluncur di Dunia Fantasi

Kompas.com - 26/12/2009, 13:59 WIB
Editoracandra

JAKARTA, KOMPAS.com -  Ingin tahu bagaimana cara roket meluncur? Roadshow ITB Fair yang digelar di Panggung Maksima Dunia Fantasi Jakarta menggelar replika roket air yang dapat meluncur dengan dorongan air.

Roadshow yang digelar 26-28 Desember 2009 ini memamerkan hasil karya mahasiswa ITB yang aplikatif dan menarik. Terlihat di area pameran pagi ini, Sabtu (26/12/2009) sebuah roket air yang sedang dipersiapkan untuk diterbangkan.

Menurut Aghna Satriya, mahasiswa teknik mesin ITB, peluru roket air ini terbuat dari botol bekas yang didorong oleh tekanan air.  "Pake air, nanti ada kompresornya, dengan tekanan air bisa terbang," ujar Aghna di area roadshow ITB Fair, Dunia Fantasi, Jakarta, Sabtu (26/12/2009).

Roket air ini bisa menempuh jarak sejauh 500 m dan bisa diaplikasikan untuk nelayan yang ingin melempar jala lebih jauh ke tengah laut. Acara ini diharapkan dapat memperkenalkan hasil karya mahasiswa ITB yang belum banyak diketahui masyarakat luas.

"Sayangnya karya ITB banyak banget tapi berdebu di kampus, lama-lama rusak," kata Ahmad Faris, ketua penyelenggara ITB Fair.

Tema ITB Fair kali ini adalah Sosio Creative Movement yang berarti sosialisasi teknologi yang mengasyikkan dan aplikatif. Selain menampilkan beberapa replika wahana seperti bianglala dan kora-kora, roadshow ITB Fair juga memperkenalkan teknologi sederhana kepada anak-anak.

Salah satunya, sulap kimia yang memperlihatkan replika gunung meletus. Roadshow pameran karya mahasiswa ini akan dilanjutkan dengan ITB Fair yang akan digelar di kampus ITB Bandung pada tanggal 5-7 Februari 2010 nanti. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.