Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kurangi Sampahmu Sekarang Juga!

Kompas.com - 06/12/2009, 13:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sampah membutuhkan waktu cukup lama untuk terurai oleh alam. Gelas atau kaca misalnya, butuh ratusan tahun untuk terurai. Lebih parah lagi, sebagian sampah seperti styrofoam tidak dapat terurai dan mengandung bahan berbahaya. Informasi di atas tertera di sebuah papan besar hijau di zona sampah Green Festival yang digelar di Parkir Timur Senayan Jakarta, 5-6 Desember.

Berdasarkan paparan di papan zona sampah, gelas atau kaca, adalah sampah yang paling lama terurai, disusul kaleng yang membutuhkan 80-100 tahun untuk terurai, kemudian plastik yang terurai dalam 50-80 tahun, kertas, 2-5 bulan, dan yang paling mudah terurai adalah sampah organik yang membutuhkan minimal satu bulan. Sayangnya, belum banyak masyarakat yang tahu lamanya sampah-sampah ini terurai.

Seorang pengunjung, Marisa, mengaku terkejut melihat informasi tentang sampah ini. "Ya, surprise. Saya baru tau kalau kaca butuh ratusan tahun gini. Setahu saya styrofoam lama terurai, tapi ternyata malah tidak bisa terurai. Saya baru tahu," ujar Marisa yang datang dari Jati Bening, Minggu (6/12) di zona sampah Green Festival.

Untungnya, sebagian masyarakat seperti Marisa sudah mulai mengurangi konsumsi bahan yang sulit terurai seperti plastik dan styrofoam. "Kalau saya sudah mulai mengurangi pemakaian plastik dan styrofoam ya," aku Marisa.

Zona sampah adalah salah satu zona edukasi yang di gelar Green Festival 2009. Selain berisi informasi mengenai sampah, di zona sampah pengunjung dapat menyaksikan workshop pengelolaan sampah seperti pembuatan tas dari plastik bekas detergen atau turut menyumbang sampah untuk bank sampah. Pengunjung pun diajak untuk mengurangi sampah yang mereka hasilkan, misalnya dengan membawa tas belanjaan sendiri dan menggunakan barang yang bisa dipakai berkali-kali.

Selain zona sampah, terdapat zona kendaraan, air, dan pohon yang berisi fakta-fakta lingkungan terkait zona tersebut. Seperti yang diberitakan sebelumnya, Green Festival merupakan kampanye lingkungan tahunan Green Initiative Forum yang bertujuan menyebarluaskan isu pemanasan global. Digelar di Parkir Timur Senayan Jakarta, 5-6 Desember, Green Festival cukup menarik minat masyarakat terlihat dari banyaknya pengunjung yang hadir di hari kedua ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com