Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ayo Hitung Sampahmu!

Kompas.com - 06/12/2009, 11:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pernahkah Anda menghitung jumlah sampah yang Anda hasilkan dalam sehari? Jika belum, cobalah menghitungnya. Di Green Festival yang digelar di Parkir Timur Senayan 5-6 Desember 2009 pengunjung dapat menghitung jumlah sampah yang dihasilkan cukup dengan menjawab beberapa pertanyaan di layar komputer.

Terdapat tiga buah komputer berlayar hijau yang menampilkan pertanyaan-pertanyaan pilhan ganda seperti, "Berapa bungkus makanan yang anda buang dalam sehari?" Kemudian, hasil jawaban dari enam pertanyaan tersebut akan ditampilkan dalam green meter apakah baik, sedang, atau buruk.

Zahra, pengunjung yang berusia 8 tahun misalnya, mendapat hasil baik, berbeda dengan Marsya, kawan Zahra yang mendapat hasil buruk karena banyaknya sampah yang ia hasilkan. "Senang, saya jawab dengan jujur tadi," ujar Zahra kepada Kompas.com, Minggu (6/12) di Green Festival, Parkir Timur Senayan.

Mesin penghitung jumlah sampah ini dinilai efektif mengajarkan anak untuk cinta lingkungan. Seperti yang dikatakan ibu Zahra, Mala. "Sebagai pembelajaran efektif, walaupun tidak secara presisi. Dengan pilihan ganda ini mereka bisa tahu dari aktivitas mereka, berapa sampah yang dihasilkan," ujarnya.

Selain diminati anak-anak, mesin penghitung sampah juga menarik perhatian orang dewasa. Terlihat beberapa orangtua yang menemani anaknya ikut mencoba menghitung sampah mereka. Sampai berita ini diturunkan, terlihat pengunjung memadati area experience tunnel tempat mesin penghitung sampah ini. Mereka menunggu giliran antri menguji seberapa peduli mereka terhadap sampah.

Selain mesin penghitung sampah, di area experience tunnel pengunjung bisa merasakan dampak perubahan iklim. Pasalnya, area ini dirancang sedemikian rupa agar pengunjung dapat merasakan berdiri di tanah kering, hutan gundul dengan udara yang panas atau merasakan berada di kutub yang mulai mencair. Di sini terdapat miniatur es di kutub, miniatur kota industri yang gersang, serta miniatur bola dunia yang terkena pemanasan global.

Green Festival 2009 merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Green Initiative Forum. Tahun ini, tema yang diangkat adalah "Apa yang Sudah Kamu Lakukan?" yang mempertanyakan kontribusi masyarakat dalam mengurangi dampak global warming. Green Festival dibagi menjadi empat area yakni, experience tunnel, area zona, area workshop, dan area entertainment.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com