Indonesia Bukan Negara Emitor tapi Absorber Karbon

Kompas.com - 02/12/2009, 13:43 WIB
Editorwah

JAKARTA, KOMPAS.com - Asosiasi Pengusaha Hutan Indonesia (APHI) menyatakan Indonesia bukanlah negara emitor melainkan absorber karbon. Pernyataan ini disampaikan Humas APHI, Riza Suarga pada konfrensi pers perkembangan permasalahan perubahan iklim di ruang rapat utama, Manggala Wanabakti, Senayan, Jakarta, Rabu (2/11).

"Konsultan Asing, McKinsey Internasional hanya menghitung besar emisi karbonnya saja, mereka tidak menghitung berapa absorbsi Indonesia. Hal ini diakui langsung oleh McKinsey," ucap Riza.

Isu lain yang juga dibahas antara lain isu perubahan iklim. Indonesia dianggap sebagai salah satu negara pelepas emisi terbesar dunia. "Asumsi ini hanya didasarkan pada perhitungan pelepasan emisi gas rumah kaca saat Indonesia tengah dilanda bencana kebakaran hebat pada penghujung 1997," ucap Riza.

Dalam kesempatan ini, APHI mengajak pemerintah lewat Departemen Kehutanan bersinergi bersama untuk menjayakan kembali sektor perhutanan.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X