Ternate, Mengakrabi Indahnya Perairan

Kompas.com - 25/11/2009, 15:16 WIB
Editormbonk

TERNATE, KOMPAS.com - Perairan Pulau Ternate, Maluku Utara (Malut) dinilai potensial untuk berbagai kegiatan wisata, seperti wisata menyelam, berenang, mancing, jet ski dan jalan-jalan mengelilingi Pulau Ternate menggunakan perahu tradisional.
     
"Di sekeliling Pulau Ternate juga banyak lokasi pantai yang sangat menarik untuk tempat wisata, seperti Pantai Sulamadaha, Pantai Dorpedu dan Pantai Ake Rica," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Ternate, Arifin Uma Sangaji, di Ternate, belum lama ini.
     
Sesuai penelitian dari seorang ahli kelautan dari Belanda, lokasi di perairan Pulau Ternate disebutkan sangat menarik untuk wisata selam, di antaranya di perairan Pantai Swering dan Pantai Sulamadaha. Kawasan itu memiliki keragaman jenis terumbu karang (coral) dan ikan yang sangat indah dipandang.
     
Menurut Arifin, ikan dan terumbu karang di kedua lokasi tersebut sangat beragam, bahkan ada beberapa jenis terumbu karang (namanya tidak disebut) yang masuk kategori langka.
     
Keunggulan lain dari kedua lokasi tersebut adalah untuk menyelam yang letaknya yang sangat dekat dengan daratan dan pusat kota, sehingga untuk mencapainya tidak perlu menyewa kapal dengan biaya besar.
     
Hanya masalahnya, kata Arifin, sesuai hasil penelitian dari ahli kelautan Belanda tersebut, keindahan panorama bawah laut di kedua lokasi itu sedikit ternoda oleh adanya sampah yang tersangkut pada sela-sela karang.
     
Oleh karena itu, masyarakat Pulau Ternate diimbau tidak lagi membuang sampah ke laut, karena selain mengancam kelestarian lingkungan perairan secara umum, juga dapat menutup peluang pengembangan wisata selam di perairan sekitar Pulau Ternate, seperti di Pantai Swering dan Sulamadaha.
     
Arifin mengharapkan adanya keterlibatan pengusaha baik dari dalam maupun luar negeri untuk mengembangkan potensi wisata bahari tersebut.  Selain wisata bahari, Ternate juga memiliki potensi wisata lain, seperti wisata sejarah.
     
Pemkot Ternate akan memberikan berbagai kemudahan kepada para pengusaha yang ingin mengembangkan sektor pariwisata di Kota Ternate, terutama kemudahan perizinan dan dukungan pengadaan infastruktur pariwisata.
     
Ia menambahkan, sarana dan prasarana penunjang sektor pariwisata di Ternate, seperti hotel dan restoran kini sudah cukup memadai, bahkan khusus untuk hotel di kota ini sudah ada yang berbintang empat dengan tarif hanya Rp450.000 per malam.
     
Transportasi dari dan ke Ternate, baik melalui laut maupun udara juga cukup lancar. Untuk transportasi udara, di Ternate ada sepuluh kali penerbangan setiap hari dengan tarif yang cukup murah, seperti untuk rute Ternate-Jakarta hanya sekitar Rp1,4 juta.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.