Mamuju Kembangkan Wisata Hutan

Kompas.com - 16/11/2009, 10:20 WIB
Editormbonk

MAMUJU, KOMPAS.com - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata  (Disbudpar) Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar) akan mengembangkan potensi wisata hutan yang ada di wilayah itu.
    
"Kawasan hutan merupakan salah satu ciri khas Mamuju dan tidak hanya memiliki fungsi sebagai daerah resapan air dan sumber kayu, melainkan memiliki potensi wisata yang cukup besar," ungkap Kepala Disbudpar Mamuju, Paintu Ballaso, akhir pekan lalu.
    
Ia mengatakan, selama ini banyak orang menilai bahwa hutan hanya dimanfaatkan sebagai penghasil kayu, namun jika di lihat lebih jauh, hutan bisa menjadi salah satu objek wisata alam yang cukup menjanjikan. "Potensinya cukup besar, mengingat di Mamuju belum terdapat objek wisata hutan yang memadai," ucapnya.
    
Untuk merealisasikan hal tersebut pada tahun yang akan datang Disbudpar Mamuju berencana  melakukan kerja sama dengan Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Mamuju. "Setelah dilakukan koordinasi, barulah akan dibentuk langkah-langkah teknis untuk merealisasikan rencana ini," tuturnya.  
    
Untuk mewujudkannya, Disbudpar membutuhkan investasi yang cukup besar dari pihak ketiga. "Kalau cuma diserahkan pada pemerintah akan sulit. Kendala yang cukup besar dalam hal ini adalah anggaran yang terbatas, padahal untuk membuka objek wisata baru diperlukan dana yang besar," terangnya.
    
Ia menambahkan, selain dapat menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) wisata alam dapat mengajak masyarakat untuk semakin memperhatikan dan melestarikan kawasan hutan.
    
Wisata hutan bukan hanya menjadi tempat rekreasi, tetapi menjadi sarana pembelajaran untuk mengenal alam. Ia optimistis dengan kondisi hutan yang ada di Mamuju, wisata ini juga akan digemari oleh masyarakat.    



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.