Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Hektare Hutan Rotan Polman Telantar

Kompas.com - 15/11/2009, 23:51 WIB

MAMUJU, KOMPAS.com - Ratusan hektare hutan rotan di Desa Piriang Tapiko, Kecamatan Tubbi Taramanu, Kabupaten Polewali Mandar (Polman), Provinsi Sulbar tidak dapat dimanfaatkan warga. Ini karena tidak ada distributor yang siap membeli hasil dari hutan rotan yang diklaim milik warga tersebut.
    
Suaib salah seorang warga di Mamuju, Minggu, mengatakan, hutan rotan yang ada di Desa Piriang Tapiko terletak sekitar 50 kilometer dari Kabupaten Polman kini terlantar tanpa dikelola warga. Warga yang mengklaim hutan rotan tersebut adalah milik mereka sebagai warisan leluhurnya, kini tak bisa memanfaatkan.

"Warga tidak tahu hasil dari hutan rotan tersebut akan dibawa kemana untuk didistribusikan karena tidak ada distributor atau investor yang siap mengelola hasil hutan itu," katanya.

Oleh karena itu, ia meminta agar pemerintah membantu warga di desanya untuk mendistribusikan rotan tersebut keluar daerah untuk menambah pendapatan warga yang hidup dari hasil pertanian di wilayah itu. Menurut dia, warga saat ini ingin mencoba mengelola hutan tersebut menjadi industri rumah tangga dengan membuat kerajinan tangan dengan memanfaatkan bahan baku dari hasil hutan rotan itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com