Ditemukan Fosil Spesies Baru Dinosaurus dari Awal Jurassic

Kompas.com - 11/11/2009, 20:56 WIB
Editorwah

JOHANNESBURG, KOMPAS.com — Para ilmuwan mengumumkan penemuan spesies baru dinosaurus raksasa dari fosil-fosilnya di Afrika Selatan. Spesies yang hidup di awal zaman Jurassic ini memberi informasi baru untuk membantu para ilmuwan mempelajari sejarah perkembangan dinosaurus sebagai hewan terbesar di darat.

Pakar paleontologi Adam Yates dari Universitas Witwatersrand, Johannesburg, Afrika Selatan, memamerkan fosil kerangka hewan tersebut pada jumpa pers, Rabu (11/11). Publikasi spesies dinosaurus baru yang diberi nama Aardonyx celestae ini telah diterbitkan dalam jurnal Royal Society Proceedings B.

Aardonyx celestae adalah pemakan tumbuhan yang hidup sekitar 200 juta tahun lalu sampai awal periode Jurassic. Dinosaurus itu berjalan dengan kaki belakang, tetapi bisa juga merangkak. Saat merangkak, tingginya sekitar 1,7 meter.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.