Ditemukan Fosil Spesies Baru Dinosaurus dari Awal Jurassic

Kompas.com - 11/11/2009, 20:56 WIB

JOHANNESBURG, KOMPAS.com — Para ilmuwan mengumumkan penemuan spesies baru dinosaurus raksasa dari fosil-fosilnya di Afrika Selatan. Spesies yang hidup di awal zaman Jurassic ini memberi informasi baru untuk membantu para ilmuwan mempelajari sejarah perkembangan dinosaurus sebagai hewan terbesar di darat.

Pakar paleontologi Adam Yates dari Universitas Witwatersrand, Johannesburg, Afrika Selatan, memamerkan fosil kerangka hewan tersebut pada jumpa pers, Rabu (11/11). Publikasi spesies dinosaurus baru yang diberi nama Aardonyx celestae ini telah diterbitkan dalam jurnal Royal Society Proceedings B.

Aardonyx celestae adalah pemakan tumbuhan yang hidup sekitar 200 juta tahun lalu sampai awal periode Jurassic. Dinosaurus itu berjalan dengan kaki belakang, tetapi bisa juga merangkak. Saat merangkak, tingginya sekitar 1,7 meter.