Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kasus Xinjiang Berlanjut

Kompas.com - 10/11/2009, 08:35 WIB

BEIJING, KOMPAS.com - Para penuntut China telah memberkas dakwaan terhadap 20 orang lagi terkait dengan kerusuhan mematikan Juli di wilayah Xinjiang di bagian barat negara itu, media setempat melaporkan Senin (9/11), setelah sembilan orang yang lain dihukum mati.
   
Semua 20 orang itu menghadapi tuduhan yang mencakup pembunuhan, pembakaran, perompakan, pelukaan dan peledakan yang dingaja yang berkaitan dengan kerusuhan etnik yang meletus di Xinjiang pada 5 Juli, kantor berita Xinhua melaporkan dari ibu kota wilayah itu, Urumqi.
   
Tuduhan itu secara khusus dikaitkan dengan kematian 18 orang dan luka yang diderita oleh tiga orang yang lain, dan juga kerusakan properti senilai 340.000 dolar AS.
   
Kekerasan yang meletus pada 5 Juli itu membuat etnik Uighur bentrok dengan anggota kelompok Han, yang dominan di China, dan menyebabkan 197 orang tewas dan lebih dari 1.800 orang luka-luka, menurut jumlah resmi.
   
Senin pagi, China menyatakan telah menghukum mati sembilan orang dalam eksekusi pertama terkait dengan kerusuhan tersebut.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com