Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendiknas: 2010, Tidak Ada Lagi Sekolah yang Bocor!

Kompas.com - 30/10/2009, 14:36 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Mohammad Nuh mengatakan, bahwa reformasi di bidang pendidikan akan dimulai dengan membenahi manajemen pengelolaan urusan pendidikan, infrastruktur, serta perbaikan metodologi.

Mendiknas mengatakan, manajemen pengelolaan urusan pendidikan ini harus diperbarui, misalnya tentang tunjangan guru dan izin pendirian kampus baru, dan selanjutnya berupa perbaikan infrastruktur pendidikan seperti bangunan sekolah. Ia berharap, masalah yang menyangkut pemenuhan infrastruktur pendidikan itu sudah dapat diselesaikan pada 2010 mendatang.

"Sebisa mungkin pada 2010 sudah rampung semua, tidak ada lagi sekolah yang bocor atau roboh. Kita ajak pejabat daerah bupati dan wali kota membereskan itu," ujarnya di sela acara Temu Nasional (National Summit) 2009 di Jakarta, Jumat (30/10).

Menurutnya, sulit membayangkan munculnya inovasi dari penerus bangsa jika tempat belajar saja belum memenuhi standar. Perbaikan infrastruktur tersebut akan dilaksanakan paralel dengan program-program lain yang akan dijalankan.

Selain itu, reformasi pendidikan juga dilakukan dengan memetakan metodologi pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan zaman. Para siswa pun harus didorong untuk memiliki kebebasan ruang berpikir.

Sementara itu, di hari kedua berlangsungnya Temu Nasional 2009 tersebut, telah dilaksanakan dua sidang yakni dari komisi bidang kesejahteraan rakyat dan hukum serta reformasi birokrasi. Sidang komisi kesejahteraan rakyat di antaranya membahas tentang reformasi pendidikan.

Adapun komisi IV, yang membahas tentang reformasi pendidikan tersebut, menerima masukan dari sejumlah pemangku kepentingan. Salah satu poin yang direkomendasikan adalah agar akses untuk memperoleh pendidikan diperluas dan tidak ada lagi diskriminasi bagi siswa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com