Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mantap, Hutan Kota di Tiap Kelurahan!

Kompas.com - 23/10/2009, 14:30 WIB

PALEMBANG, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Palembang berkomitmen untuk menciptakan kota pempek itu semakin hijau sehingga program-program penghijauan digalakkan, termasuk menyiapkan hutan kota pada setiap kelurahan.

Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemkot Palembang, Apriadi S Busri, di Palembang, Jumat (23/10) mengatakan, pemda setempat terus mendorong program penghijauan di daerah itu.

Salah satu program mendesak yang mereka siapkan adalah menyediakan hutan kota tingkat kelurahan dengan menanam berbagai pohon produktif, seperti pohon kemiri dan buah-buahan.

Menurut Busri, hutan kota tersebut diharapkan tidak hanya berfungsi sebagai penghijauan, tapi ketika musim berbuah warga sekitar hutan pun dapat menikmati beragam buah yang ditanam di hutan tersebut.

"Nantinya, pemkot akan mengeluarkan kebijakan setiap kelurahan di kota pempek wajib menyediakan minimal 500 meter persegi lahan untuk diolah menjadi hutan kota," ujar Busri.

Dia mengatakan, hutan kota kelurahan tersebut diharapkan mampu memacu masyarakat mencintai lingkungan dengan menanam berbagai pohon penghijauan.

Hutan kota tiap kelurahan tersebut nantinya merupakan kawasan rindang dengan berbagai tanaman pohon besar yang juga bisa dijadikan lokasi bermain bagi anak-anak.

Dia mengatakan, saat ini dari sebanyak 107 kelurahan di Palembang baru beberapa kelurahan saja yang menyediakan lokasi untuk menjadi hutan kota. Ke depan, pemkot akan mewajibkan setiap kelurahan memiliki hutan kota.

Saat ini dari 400 kilometer persegi lebih wilayah Kota Palembang, 30 persen di antaranya merupakan hutan kota. Sehingga dengan program hutan kota di kelurahan itu pihaknya menargetkan dalam beberapa tahun ke depan Palembang menjadi kota terhijau di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com