Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sepasang Owa Jawa akan Dilepasliarkan di Gunung Gede Pangrango

Kompas.com - 15/10/2009, 19:33 WIB

BOGOR, KOMPAS.com - Echi dan Septa, sepasang owa jawa, akan dilepasliarkan di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Jumat (16/10). Sebelum pelepasliaran ke habitat aslinya itu, keduanya telah menjalani penyesuaian lingkungan di kandang habituasinya di Blok Hutan Tiwel, Resort Bodogol BPTN Wilayah III Bogor TNGGP.

Owa jawa (Hylobates moloch) adalah satu-satunya jenis primata yang tidak memiliki ekor dari keluara owa yang ditemukan di Pulau Jawa. Menurut International Union for Conservation of Nature (IUCN) owa termasuk satwa terancam punah.

Penyebab, hutan hujan tropis tempat tinggal dan hidupnya menghilang dengan cepat, akibat tekanan pembangunan dan pertumbuhan populasi manusia. Ini diperburuk dengan kejahatan pemburuan satwa yang tinggi, karena owa termasuka satwa peliharaan kegemaran manusia.

Sebagai satwa langka (endangered), owa jawa memerlukan upaya konservasi yang komperhensif. 8erkaitan dengan itu Pusat Penyelamatan dan Rehabilitasi Owa Jawa atau Java Gibbon Center (JGC) yang dibangun tahun 2003 dan berlokasi di TNGGP, telah menerima 30 ekor owa jawa asal sitaan Departemen Kehutanan dan diserahkan langsung oleh masyarakat.

Kepala Balai Besar TNGGP Sumarto Suharno mengatakan Menteri Kehutahan MS Kaban akan memimpin pelepasliaran pasangan Echi dan Septa. "Dipastikan pasangan owa jawa yang diperkirakan kelahiran 2009 sudah siap dilepasliarkan ke alam sebagaimana ditunjukan dengan prilaku nyayian paginya (morning call) dan menginsumsi 100 persen pakan alaminya di dalam kandang habituasi," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com