Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rehabilitasi Gorila

Kompas.com - 13/10/2009, 02:50 WIB

Aktris Sigourney Weaver (59) mengatakan, gorila telantar membutuhkan pertolongan dari pusat rehabilitasi seperti Gorilla Rehabilitation and Conservation Education (GRACE) Center yang sedang dibangun di Kongo. GRACE Center yang akan beroperasi mulai Maret 2010 adalah proyek dari Dian Fossey Gorilla Fund dan beberapa organisasi lain di Atlanta.

Fossey melakukan penelitian terhadap gorila Afrika untuk menyelamatkan mereka dari pemburu gelap dan ancaman lainnya. Demi misinya, Fossey hidup bersama gorila dan meneliti tingkah laku hewan itu selama 10 tahun di Karisoke, sebuah kamp penelitian yang didirikannya di Rwanda sebelum ia terbunuh pada tahun 1985.

Tahun 1998, Weaver memerankan Fossey di film Gorillas in the Mist. Dia kini mengepalai GRACE Center.

Saat pembuatan film, Weaver juga menghabiskan banyak waktu dengan gorila. ”GRACE Center adalah proyek yang sangat penting. Kita butuh dan harus memilikinya,” tutur bintang film Aliens ini.

GRACE Center diharapkan dapat menjadi rumah bagi gorila-gorila telantar yang memiliki masalah perilaku, fisik, dan psikologis setelah diselamatkan dari para pemburu. ”GRACE Center akan merawat gorila-gorila itu sampai mereka bisa kembali hidup di alam liar,” katanya. (AP/DOE)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com