Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peringkat ITB Juga Naik Lho, Beda dengan UI dan UGM....

Kompas.com - 12/10/2009, 17:53 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com — Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) Djoko Santoso menegaskan bahwa peringkat ITB dalam pemeringkatan Times Higher Education-QS 2009 naik dibandingkan tahun sebelumnya.

"Di bidang teknologi, kami menempati 80 dunia. Jelas, ini meningkat dibandingkan tahun sebelumnya yang menaruh kami di urutan 90 dunia," ungkap Djoko, Senin (12/10) sore.

Djoko meminta agar publik, khususnya civitas akademika ITB, cerdas melihat dan memaknai hasil pemeringkatan THE-QS. Artinya, tidak menyamakan keberadaan ITB dengan perguruan tinggi lainnya yang memiliki scope (bidang keahlian) yang lebih luas macam Universitas Indonesia dan Universitas Gadjah Mada.

"Tidak fair kalau dilihatnya sama. Kami menawarkan apel, mereka kan tomat," ucapnya menganalogikan perbedaan itu.

Pernyataan Djoko tersebut merujuk pada hasil pemeringkatan secara umum, bukan per kategori, yang menaruh ITB di peringkat ke-351 dunia pada 2009 ini. Tahun lalu, peringkat ITB sedikit lebih baik, yaitu ke-315.

Sebagai pembanding, peringkat dua universitas terbesar di Indonesia lainnya, yaitu UI dan UGM, justru naik dengan signifikan. UI di peringkat ke-201 dunia, naik 86 peringkat dari tahun sebelumnya, ke-287. Sementara itu, UGM, yang tahun lalu berada di posisi ke-316, kini naik di peringkat ke-250 dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com