Pasien Kanker Payudara Perlu Vitamin D

Kompas.com - 10/10/2009, 13:35 WIB
EditorAnna

KOMPAS.com - Mayoritas pasien kanker payudara memiliki kadar vitamin D yang rendah. Hal ini bisa menyebabkan tulang menjadi rapuh dan beresiko patah tulang. Selain itu, defisiensi vitamin D juga mempercepat perburukan penyakit kanker.

"Vitamin D sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang dan umumnya kepadatan tulang wanita dengan kanker payudara lebih rendah sebagai efek samping terapi hormon dan kemoterapi," kata luke Peppone, asisten profesor di bidang radiasi onkologi dari University of Rochester Medical Center.

Peppone dan timnya meneliti 166 perempuan yang sedang menjalani terapi penyembuhan kanker payudara. Para peneliti menemukan bahwa hampir 70 persen pasien memiliki kadar vitamin D yang rendah dalam darah. Kadar vitamin D para responden penelitian rata-rata 27 nanogram per mililiter darah. Berdasarkan Institute of Medicine Amerika, level yang  mencukupi adalah 32 nanogram per mililiter.

Oleh karena itu para peneliti menyarankan agar para pasien mengonsumsi suplemen vitamin D dosis tinggi untuk meningkatkan kadar vitamin D. Selain untuk kesehatan tulang, vitamin D juga memegang peran yang vital dalam pertumbuhan sel dan menjaga agar sistem imun tetap kuat.

Sebuah penelitian yang dilakukan para ahli dari Kanada juga menunjukkan pasien kanker payudara yang memiliki kadar vitamin D yang cukup tidak mengalami penyebaran tumor jika dibandingkan dengan pasien yang mengalami defisiensi vitamin D.

Selain dari suplemen, vitamin D bisa didapatkan dari makanan yang mengandung kalsium serta paparan sinar matahari.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.