Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Habibie Hadiri Hari Jerman Bersatu di Jakarta

Kompas.com - 07/10/2009, 16:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Mantan Presiden RI BJ Habibie terlihat hadir di antara sekitar 900 tamu undangan yang hadir dalam acara perayaan Hari Jerman Bersatu yang diselenggarakan Kedutaan Besar Jerman di Grand Ballroom Hotel Kempinski Jakarta, Senin (5/10) malam.

Di samping Habibie, hadir pula Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD. Bahkan, Mahfud dalam acara ini mendapat kesempatan pertama untuk berkenalan dengan bakal dubes Jerman untuk Indonesia yang baru, Norbert Baas, dan istrinya, Annabel von Arnim-Baas.

Sementara itu, para tamu dapat merasakan suasana pesta yang meriah dengan berbagai macam makanan khas Jerman dan dilengkapi dengan dekorasi untuk mengenang 20 tahun runtuhnya Tembok Berlin, yang diletakkan di tengah-tengah ruangan.

Disebutkan dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (6/10), Wakil Duta Besar Hans-Joerg Brunner dalam salah satu bagian kata sambutannya mengingatkan tentang rangkaian peristiwa revolusi damai yang terjadi 20 tahun yang lalu. Revolusi itu lantas berujung pada runtuhnya tirai besi, yang memungkinkan bersatunya kembali dua negara Jerman.

Hans-Joerg Brunner juga sempat menyinggung kerja sama yang baik antara Jerman dan Indonesia. Hal ini diharapkan akan semakin erat dengan terpilihnya kembali Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan juga Kanselir Jerman Angela Merkel.

Tak lupa, sebagai bentuk solidaritas sesama umat manusia, dalam pesta ini juga dilaksanakan hening cipta untuk mengenang para korban gempa bumi yang terjadi baru-baru ini di Sumatera Barat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com