Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Untuk Padang, Lima Pesawat TNI AU Siaga 24 Jam

Kompas.com - 06/10/2009, 13:35 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — TNI Angkatan Udara menyiapkan lima pesawat untuk mengirimkan bantuan kemanusiaan dan tenaga medis bagi korban gempa dari Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta, ke Lanud Tabing, Padang, Sumatera Barat. Pesawat milik TNI AU yang disiapkan berupa empat pesawat C-130 Hercules, satu pesawat CN, dan sebuah helikopter. Hal ini diungkapkan Kadispen TNI AU Marsekal Pertama Bambang Soelistyo saat di hubungi Kompas.com via telepon.

"Tugas kami adalah mengirimkan bantuan dari Jakarta ke Padang. Kami siagakan 24 jam lima pesawat TNI AU. Setiap hari rata-rata kita memberangkatkan sekitar enam kali penerbangan ke Padang," katanya.

Hingga kini pesawat TNI AU telah memberangkatkan lebih dari 168 ton atau sekitar 1.002 koli bantuan berupa logistik, obat-obatan, dan peralatan, serta lebih dari 500 tenaga medis ke Padang. Bambang Soelistyo menegaskan, pesawat-pesawat tersebut akan disiagakan hingga panitia pusat menyatakan proses pengiriman bantuan dianggap selesai.

Ia menambahkan, untuk membantu proses pengiriman bantuan tersebut TNI AU mengerahkan seluruh personel dari Lanud Padang ditambah 75 personel dari Paskhas Pekanbaru. Berbagai bantuan kemanusiaan ini setibanya di Padang akan diserahkan ke berbagai panitia pendistribusian, salah satunya seperti Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com