Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wilayah Pantai Gunung Kidul Diterangi Sel Surya

Kompas.com - 27/09/2009, 22:08 WIB

GUNUNG KIDUL, KOMPAS.com - Wilayah pantai di Selatan Kabupaten Gunung Kidul, DI Yogyakarta yang belum teraliri jaringan listrik mulai diterangi oleh sel surya. Setelah Pantai Gesing, pemerintah memasang sel surya di Pantai Drini dan Pantai Krakal. Hingga kini, 22 persen dari seluruh warga Gunung Kidul belum terjangkau aliran listrik.

Pemasangan sel surya di 100 rumah penduduk di Pantai Drini dan Pantai Krakal terbukti mampu mendongkrak perekonomian warga. Warung-warung makan di Pantai Krakal yang biasanya segera tutup menjelang matahari terbenam, kini sudah mulai beroperasi hingga malam hari.

Warga mengaku tak lagi menggunakan petromaks maupun lampu minyak tanah. Nelayan di Pantai Drini pun bisa memperbaiki jaring hingga larut malam setelah mendapat bantuan sel surya dari Kementerian Negara Pembangunan Daerah Tertinggal.

Nelayan di Pantai Drini, Kecamatan Tanjungsari, Gunung Kidul, Mandun mengatakan sebanyak 41 rumah di wilayah tersebut telah mendapat bantuan sel surya. “Kami bisa beraktivitas hingga larut malam. Nelayan jadi punya penanda lampu ketika akan mendarat ke pantai pada malam hari,” Kata Mandun, Minggu (27/9).

Selain di pasang di rumah penduduk dan nelayan, Pembangkit Listrik Tenaga Surya ini juga menerangi lokasi Tempat Pelelangan Ikan maupun kantor tim Search and Rescue. Tiap rumah mendapat bantuan satu unit sel surya yang mampu membangkitkan listrik hingga 50 watt.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com