Kurang Vitamin D, Awas Hipertensi

Kompas.com - 24/09/2009, 14:01 WIB
Editor

KOMPAS.com - Remaja perempuan kulit putih yang kekurangan vitamin D beresiko tiga kali lebih tinggi mengalami tekanan darah tinggi di usia pertengahan dibandingkan dengan kelompok remaja yang cukup vitamin D.

Hasil studi yang dipaparkan dalam pertemuan the American Heart Association di Chicago tersebut sekaligus memasukkan remaja perempuan dalam kelompok yang beresiko terkena hipertensi akibat kurangnya asupan vitamin D.

Peneliti di Michigan, AS, menguji data 559 perempuan yang dimulai pada tahun 1992, menemukan bahwa mereka yang kekurangan vitamin D mengalami hipertensi 15 tahun kemudian. "Hasil studi kami menunjukkan risiko jangka panjang dari kekurangan vitamin D adalah hipertensi saat usia sekitar 30-an," kata Flojaune Griffin, dari Sekolah Kesehatan Publik, Universitas Michigan, AS.

Selain diproduksi secara alami oleh tubuh yang berasal dari paparan sinar matahari, vitamin D juga bisa ditemukan pada ikan, produk-produk susu, dan suplemen. Kini kekurangan vitamin D  tidak hanya dikaitkan dengan kesehatan tulang dan gigi tapi juga risiko terkena kanker, masalah kekebalan tubuh, dan penyakit saluran pernapasan.

Saat ini hampir separuh populasi di dunia kekurangan vitamin D. Para ahli berpendapat, masalah ini akan semakin buruk bila orang tersebut lebih banyak bekerja di dalam ruangan. Orang keturunan Afrika-Amerika juga dinilai beresiko kekurangan vitamin D karena kulit yang gelap membuat tubuh mereka lebih sulit menyerap sinar ultraviolet.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.