Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Banjir Jakarta, 5000 Lubang Biopori Dibuat Hari Ini

Kompas.com - 13/09/2009, 16:18 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Palang Merah Indonesia (PMI), Minggu (13/9), melakukan rangkaian kegiatan pengurangan risiko bencana dengan membuat 5.000 lubang resapan biopori di Jakarta, Tangerang, dan Bekasi. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka mengantisipasi munculnya bencana banjir di Jakarta dan sekitarnya pada musim penghujan di Oktober nanti,

Kegiatan pembuatan lubang biopori sendiri secara simbolik dilakukan dengan cara membuat 50 lubang biopori di halaman kantor Harian Umum Suara Pembaruan, Jakarta Timur, hari ini. Acara ini melibatkan kurang lebih 1.000 orang yang terdiri dari relawan PMI, warga sekitar, dan Palang Merah Remaja di DKI Jakarta.

Selain membuat resapan, PMI juga menyelenggarakan penyuluhan kesehatan penyakit demam berdarah dan influenza terhadap warga Kelurahan Cawang, Jakarta Timur. Ada pula kegiatan donor darah, pelantikan 200 jumantik cilik dari anggota PMR Mula, serta peluncuran pelayanan Ambulans Siaga Lebaran yang akan dilaksanakan sore ini.

Kepala Humas PMI Pusat, Ria Tahir mengatakan, selain untuk antisipasi bencana banjir, pembuatan lubang biopori tersebut dalam rangka memperingati hari ulang tahun PMI yang ke 64, yang jatuh pada 17 September mendatang. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com