Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Edward Kennedy Meninggal karena Tumor Otak

Kompas.com - 26/08/2009, 13:53 WIB

HYANNIS PORT, KOMPAS.com — Senator Massachusetts, AS, Edward M Kennedy, meninggal dunia pada usia 77 tahun setelah berjuang melawan tumor otak.

Keluarga Kennedy mengumumkan kematiannya dalam pernyataan singkat, Rabu (26/8) dini hari waktu AS.

Selama hampir setengah abad di Senat, adik kandung mendiang Presiden John F Kennedy itu getol memperjuangkan masalah kesehatan, hak sipil, perang, perdamaian, dan lainnya. Di mata rakyat AS, dia adalah sosok paling terkenal dari keluarga Kennedy yang masih hidup.

Edward Kennedy terpilih menjadi anggota Senat pada 1962 ketika kakaknya John F Kennedy, menjadi presiden. Dia menjadi Senator terlama ketiga dalam sejarah politik AS.

Edward Kennedy juga pernah berusaha menjadi presiden AS. Namun, upayanya kandas pada 1969 ketika dia terlibat skandal yang dikenal sebagai Chappaquiddick, sebuah kecelakaan mobil yang menewaskan seoang wanita muda. Kennedy yang akrab dipanggil Ted mengakhiri ambisinya menjadi presiden pada 1980 dalam sebuah pidato perpisahan yang menyentuh hati.

Edward Kennedy diketahui mengidap tumor otak pada Mei 2008. Ia kemudian menjalani operasi dan kemoterapi.  Dalam wawancara baru-baru ini dengan Associated Press, putra Edward Kennedy, anggota Kongres Demokrat Patrick Kennedy, mengatakan ayahnya tidak gentar dengan vonis dokter yang menyebut hidupnya tak akan bertahan sampai setahun. Faktanya, ia mampu bertahan lebih setahun sampai akhirnya meninggal dunia kemarin.

Edward Kennedy adalah saudara dari Presiden John F. Kennedy, yang dibunuh pada tahun 1963. Senator Robert Kennedy, juga tewas ditembak dalam kampanye yang dilakukan pada 1968 untuk nominasi presiden dari Partai Demokrat. Saudaranya yang lain, Joe Kennedy, seorang pilot, tewas semasa Perang Dunia II.

Edward Kennedy meninggal hanya beberapa pekan setelah saudara perempuannya, Eunice Kennedy Shriver,  pendiri Olimpiade orang-orang Khusus dan penasehat terkemuka bagi orang-orang cacat mental juga tutup usia.

"Tampaknya sudah tidak ada lagi yang mengambil alih obor," kata Thomas Whalen, profesor politik pada Universitas Boston.  "Tampaknya tak ada lagi seorang pun dari generasi mendatang keluarga Kennedy yang bisa melanjutkan mengambil peran. Ted Kennedy mungkin garis yang terakhir," kata pengarang buku "Kennedy versus Lodge: The 1952 Massachusetts Senate Race" yang berkisah tentang abangnya, John, saat pertama kali berjuang untuk merebut kursi senat.

Beberapa Kennedy muda ada yang bergiat di bidang politik, tapi tak ada seorang pun yang berkemampuan seperti Ted Kennedy, tokoh terakhir dari empat Kennedy bersaudara itu. Keponakan Kennedy, Joseph, putra tertua Robert Kennedy sering disebut-sebut sebagai calon pengganti mereka. Namun, itu masih perlu dibuktikan.
 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com