Greenpeace Desak Pemerintah Serius Atasi Kebakaran Hutan

Kompas.com - 12/08/2009, 16:32 WIB
Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Greenpeace menilai kebakaran hutan di Indonesia masih belum diatasi secara serius. Organisasi lingkungan tersebut menyerukan kepada pemerintah untuk segera mengambil langkah konkrit terkait kebakaran yang terjadi di hampir semua tempat di Indonesia.

"Kami melihat minimnya usaha pemerintah menindaklanjuti masalah lingkungan," ujar Bustar Maitar, Juru Kampanye Greenpeace Asia Tenggara pada konferensi pers di kantor Greenpeace, Cikini, Jakarta, Rabu (12/8).

Greenpeace mencatat kebakaran hutan yang terjadi di satu bulan terakhir telah melewati puncak kebakaran hutan. Menurut Bustar, kebakaran ini terjadi di hampir seluruh tempat. Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan, semuanya diselimuti asap. Untuk tanggal 4 Agustus saja, Greenpeace mencatat di Riau ada 161 kebakaran, di Sumatera ada 532 kebakaran, dan di Kalimantan ada 2012 kebakaran.

"Kalau hanya 2 hektar wajar tidak sengaja kebakaran, ini mencapai 20.000 hektar, masa tidak disengaja kebakarannya," ujar Bustar. Greenpeace menilai kebakaran hutan ini dilakukan secara sengaja oleh perusahaan-perusahaan untuk membuka lahan baru.

Masih menurut Bustar, Menteri Negara Lingkungan Hidup juga pernah berbicara di media bahwa mereka menemukan 12 perusahaan pembakar lahan, setelah sebelumnya menemukan 33 perusahaan. "Tapi sampai saat ini kita tidak tahu siapa perusahaan itu. Tidak jelas juga apa tindakan hukum bagi perusahaan itu," ujarnya.

Selama tiga minggu Greenpeace membantu memadamkan kebakaran hutan seluas 10.000 hektar di daerah Riau. "Tapi sayangnya terbatasnya equipment dan orang membatasi ruang gerak kita. Semestinya pemerintah bisa berbuat lebih," aku Bustar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.